TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA

TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA
Randa/janda


    Bali selain dikenal karena keindahan alamnya juga dikenal karena adat dan budayanya yang tidak bisa kita temui di daerah manapun, perpaduan antara seni, budaya dan agama mendorong Bali memiliki ke’exsotis’an tersendiri. Maka tak heran jika Bali begitu mempesona dan tersohor bahkan hingga ke mancanegara.
        Megahnya untaian gunung-gunung, eloknya pantai berpasir putihnya, Keramahan penduduknya, Sakralnya tempat persembahyangannya, ajeg traidisinya seolah-olah menambah taksu Bali di mata dunia. Berbicara mengenai masalah seni boleh dikatakan Bali adalah gudangnya seni budaya. Mulai dari diperuntukan untuk hiburan semata hingga hiburan sakral berbalut aroma mistis.

        Salah satunya adalah tarian Rangda dan Barong,salah satu pagelaran seni di Bali yang telah eksis semenjak berabad-abad silam. Sebuah tarian sakral yang sarat akan makna filosofis.
        Menururt Wikipedia secara etimologis rangda yang dikenal di Bali berasal dari bahasa jawa kuno yakni Randa atau Janda. Yang nota bene sebutan untuk janda dari golongan Tri Wangsa yakni dari Waisyia , Ksatria dan Brahmana. Sedangkan istilah Balu  diperuntukan untuk wangsa Sudra.
        Konon Rangda itu sendiri merupakan ratu mahendradata yang hidup di pulau jawa pada abad ke 11. Namun karena diduga telah melakukan ilmu hitam kepada permaisuri dari raja Dharmodayana maka ia kemudian diasingkan oleh raja tersebut. Karena merasa tidak terima,ia dikabarkan membalas dendam dengan membunuh setengah dari kerajaan tersebut.
        Sedangkan Barong itu sendiri dikabarkan sebagai perlambangan dari kebaikan. Ia digambarkan sebagai karakter yang bermusuhan dengan rangda, sehingga tak heran dalam tarian-tarian sendra tari kita bisa menyaksikan pertarungan di antara mereka. Berbeda dengan rangda, barong pada umumnya digambarkan memiliki perwujudan seperti seekor singa, dengan mata melotot dan taring-taring yang tajam. Selain itu barong juga digambarkan sebagai roh pelindung.
        Selain itu dipercaya juga bahwa setiap bagian dari wilayah Bali masing-masing memiliki roh pelindung untuk melindungi tanah dan wilahnya masing-masing, sehingga tak heran jika barong yang diidentikan sebagai roh pelindung sehingga memiliki karakteristisk yang berbeda beda dari masing-masing daerah di Bali.
TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA
barong diidentikan sebagai roh pelindung

 BACA JUGA ARTIKEL >>>KISAH NYATA REINKARNASI


        Satu hal yang jelas bahwa bukan Bali namanya jika setiap tradisi tidak memiliki makna filosofis apapun, tersirat sebuah makna filosofis dari pertarungan tak pernah habis dan usai antara barong dan rangda, tak pernah ada pemenang dan pecundang dalam pertempuran tersebut, sebuah kekuatan yang berimbang antara pihak hitam dan putih. Sebuah konsep keseimbangan yang jika di Bali dikenal dengan konsep rwa bhineda  atau Yin dan Yang dalam mitologi Tiongkok. Sebuah konsep ‘local jenius’ warisan nenek moyang.
        Bahan pembuatan dari Barong dan Rangda tersebut tidak sembarangan konon terbuat dari kayu-kayu yang tumbuh ditempat-tempat sakral. Bahkan orang yang memainkan tari Barong dan Rangda pun bukanlah orang sembarangan, diperlukan beberapa ritual tertentu sebelum menggunakan kostum Barong atau Rangda, ha tersebut lah yang membuat aroma kesakralan dari tari Barong dan Rangda kian kental.


Dalam Artikel TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA akan menyajikan aneka macam jenis barong. 


Di Bali sendiri terdapat beraneka macam jenis tarian Barong yakni ;
1) Barong Ket
TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDABarong Ket atau yang lebih dikenal dengan sebutan barong Keket adalah tari Barong yang paling mudah kita jumpai  di Bali dan dan paling sering dipentaskan dalam setiap pagelaran . barong Ket sendiri digambarkan dengan bentuk perpaduan  antara singa, macan, sapi atau boma.untuk bagian tubuhnya sendiri dihiasi oleh rangkaian ukiran yang terbuat dari kulit sapi, dipadu dengan aksesoris cermin serta ditambah dengan deretan bulu-bulu halus yang terbuat dari  perasok (serat dari daun sejenis tanaman mirip pandan), ijuk atau ada pula dari bulu burung gagak.



2) Barong Bangkal
TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDASecara bahasa Bangkal itu sendiri berartia babi besar yang sudahberumur. Barong bangkal ini juga lazim disebut dengan barong bangkung. Umumnya dipentaskan dengan berkeliling desa (ngelelawang) oleh dua orang penari pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat atau saat terjadinya wabah penyakit menyerang desa tanpa membawakan sebuah lakon dan diiringi dengan gamelan batel / tetamburan




3) Barong Landung

TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDABarong Landung sendiri digambarkan sebagai bentuk susuhunan ygberwujud manusia tinggi mencapai 3 meter.Barong landung sendiri sipatnya sangat sakral serta tidak dikomersialkan layaknya barong Ket. Barong Landung banyak dijumpai disekitar Bali Selatan, spt Badung, Denpasar, Gianyar, Tabanan.



4) Barong Macan
Jenis Barong yang digambarkan sebagai seekor Macan, Barong Macan
TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA sendiri cukup mudah juga kita jumpai di Bali, pementasannya pun terkadang mirip dengan Barnag Bangkung dengan berkeliling desa serta adakalanya juga dipadu dengan dramatari Arja yang diiringi dengan gambelan batel.


        Jadi demikianlah sebuah warisan luhur nenek moyang Bali yang sungguh teramat eksotis dan luhur, semoga saja para generasi muda Bali berkenan untuk senantiasa melestarikan kesenian tersebut, mengingat seiring perkembangan zaman, banyak warisan budaya lokal malah terhimpit dan tergerus budaya luar.  Kalau bukan kita siapa lagi?
jadi demikianlah artikel TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA semoga saja artikel TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA dapat menghibur anda dan menambah wawasan anda.

Terimakasih
SIMAK JUGA VIDIO TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA  DI YOUTUBE
TARI BALI :MENGENAL TARIAN SAKRAL BARONG DAN RANGDA
KLIK GAMBAR UNTUK MENONTON













atau KLIK DI SINI jika anda online menggunakan Mobile untuk menontonnya




Share on Google Plus

About Pandi Purnawan Cht

Seorang Penulis,founder of Simple Mistery,Copy Writer, Internet marketing,Trader, praktisi Mind of technology (Hypnosis, Hypnotherapy, NLP,Baca Kilat), Ghanta Yoga, dll. Memiiliki ketertarikan yang besar terhadap fenomena potensi manusia yang "TANPA BATAS"serta fenomena lainnya yang dianggap irasional yang masih terkubur dan diragukan kebenarannya semenjak manusia mulai mengandalkan otak kirinya. Semua itu ada dan nyata hanya saja kemampuan manusia saja yang terbatas untuk sampai ke arah sana. '"Tak ada yang tak mungkin, dan tak ada yang kebetulan di dunia ini, semua bekerja dengan daya tanpa batas!" -The Secreet-