Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari

Artikel Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari kali ini akan membongkar salah satu teknik yang teramat sangat powerfull. Teknik Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari ini boleh dikatakan mampu menggebrak stigma ‘Kebiasaan itu sangat sulit diubah’, dengan teknik ini, kita bahkan mampu membentuk kebiasaan tidak hanya dalam hitungan bulanan bahkan tahunan, tetapi cukup 5 hari saja kebiasaan apapun yang anda inginkan pasti terbentuk.
Hebatnya lagi teknik dalam artikel Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari ini, anda tidak perlu melakukan langkah-langkah yang justru membuat anda tersiksa, anda juga tidak perlu mengerahkan seluruh tenaga anda untuk melakukan segala sesuatu demi terbentuknya kebiasaan baru, sehingga waktu anda tidak terbuang percuma. Uniknya lagi teknik ini, anda hanya cukup melakukan langkah yang boleh dikatakan teramat mudah untuk anda lakukan, bahkan saking mudahnya anda pun sampai dibuat ketagihan, wajar saja sebab teknik ini menggunakan beberapa sifat buruk anda sebagai seorang manusia.
Ya anda tentu tidak salah baca! Seorang manusia secara naluriah membawa sifat buruk ini sejak usia dini, yaitu sipat malas dan serakah. Yah tentu kelihatannya aneh bukan? Bagaimana mungkin bisa membentuk kebiasaan baru dengan menggunakan sipat kemalasan dan keserakahan?? Haha meskipun aneh, percayalah metode ini sangatlah powerfull untuk membentuk kebiasaan hanya dalam 5 hari saja.
Tentu sangat menarik bukan? Terutama bagi anda-anda yang memiliki kebiasaan buruk, yang menurut anda sangat sulit untuk dihilangkan, tidak peduli sekuat apapun tekad anda, tetap saja ujung-ujungnya kebiasaan buruk tersebut kembali memperbudak anda. Pada dasarnya kebiasaan di proses oleh pikiran bawah sadar yang nota bene mempengaruhi kehidupan manusia hingga 88%, itulah sebabnya kenapa kebiasaan sangat sulit sekali untuk dihilangkan. Maka dari itu  waspadalah dengan yang namanya kebiasaan sebab di awal andalah yang membentuk kebiasaan akan tetapi pada akhirnya kebiasaanlah yang membentuk anda!!!
Berbicara mengenai masalah kebiasaan tentu erat kaitannya dengan eksistensi dari pikiran bawah sadar (selaku rumah dari kebiasaan). Oleh karenanya kita perlu memahami salah satu prinsip kerja pikiran bawah sadar yakni ‘ semakin pikiran bawah sadar diintervensi, maka semakin kuat pula penolakannya’ berkaca akan hal itu sudah jelas bukan? Penyebab kenapa justru semakin kita berusaha menghilangkan suatu  kebiasaan tertentu,  justru malah membuat kita semakin terjebak dan terbudak oleh kebiasaan tersebut. Maka dari itulah supaya kita tidak terlalu mengintervensi pikiran bawah sadar, kita perlu menggandeng elemen sipat buruk manusia yakni sifat malas dan serakah.
 Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari

BACA JUGA ARTIKEL -->> MEKANISME TERKABULNYA SEBUAH DOA
Inti  dari metode ini adalah melakukan perubahan sekecil apapun untuk membentuk kebiasaan baru, bukan malah melakukan perubahan besar yang boros akan energy. Itupun jika anda ingin melakukan perubahan besar di awal saya yakin itu kemungkinana besar hanya bertahan selama beberapa hari saja bukan? Selanjutnya anda malah malas melakukannya lagi kebiasaan anda di awal. Itulah sebabnya kenapa kita memerlukan elemen ‘malas’ yang ada pada diri kita, dengan cara melakukan perubahan kecil terlebih dahulu, dan kemudian memberikan reward sehingga menyebabkan seperti candu (rasa ingin mengulang lagi, lagi dan lagi) itulah elemen ‘serakah’ dalam diri manusia. Sehingga kebiasaan baru akan terbentuk.
Oleh sebab itu, adapaun tugas-tugas yang perlu anda lakukan antara lain;
      1)      Buatlah Pemicu
Anda perlu memikirkan dan menuliskan pemicu terlebih dahulu, sebagai langkah untuk mengarahkan pikiran anda. Pemicu bisa berupa tindakan, perkataan atau situasi tertentu, dan usahakan pemicu tersebut adalah pemicu yang kerap anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya;
a)      setelah saya gosok gigi
b)      setelah saya makan
c)      setelah saya menutup pintu
d)     setelah saya menghidupkan laptop
e)      setelah saya membuka hp
f)       dll
      2)      Pilihlah kebiasaan yang ingin anda bentuk
Anda harus memilih kebiasaan-kebiasaan apa yang anda ingin bentuk selama 5 hari kedepan, anda perlu mencatat dengan tulisan tangan. Contohnya ;
a)      Setelah saya (pemicu anda), saya akan membaca 1 halaman buku saja
b)      Setelah saya (pemicu anda), saya push up 2 kali
c)      Setelah saya ( pemicu anda), saya menulis satu paragraph
d)     Setelah saya (pemicu anda), saya mengucapkan syukur kepada Tuhan
e)      Dll
Nb : kunci dalam membuat pemicu disini adalah pastikan frekuensi pemicu anda sering di gunakan minimal 10 kali dalam sehari, semakin sering pemicu tersebut anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari semakin cepat pula kebiasaan terbentuk. Serta pastikan juga bahwa kebiasaan yang anda ingin bentuk, lakukan dengan langkah seminimal mungkin. Seperti contoh diatas, misalnya anda ingin memiliki kebiasaan membaca, cukup awali dengan membaca satu halaman saja setiap kali anda usai melakukan pemicu anda.
       3)      Berikan Reward
Setelah anda selesai memikirkan serta  menulis pemicu dan kebiasaan yang anda ingin bentuk, langkah selanjutnya anda perlu menuliskan reward yang anda ingin berikan kepada diri anda sendiri setalah nantinya melakukan pemicu dan kebiasaan-kebiasaan yang ingin dibentuk. Pastikan pula reward yang anda ingin berikan kepada diri anda sendiri mampu membangkitkan kondisi emosional yang memuncak anda misalnya reward yang mampu membuat perasaan anda menjadi bangga, bersyukur, terharu, perasaan sukses dll)
Contoh reward ;
a)      Mengepalkan tangan dan berteriak yes!
b)      Memuji betapa hebatnya diri anda (boleh dalam hati, boleh sembari bersuara)
c)      Mengucapkan kalimat syukur
d)     Sekedar mengatakan sukses, hebat, luar biasa dll
e)      Membeli barang atau makanan yang kebetulan anda ingin beli (ini merupakan model reward favourit saya, meskipun sebenarnya saya bisa saja beli saat itu juga, tapi sengaja saya tahan untuk digunakan sebagai reward)
Nb: yang jelas apapun reward anda bebas untuk diberikan , selama reward tersebut mampu membuat diri anda berada dalam kondisi puncak emosional.
Jadi kesimpulannya setelah melakukan pemicu, lakukan kebiasaan yang anda ingin bentuk (awali dengan langkah seminimal mungkin).  Sebagai bagian dari sifat malas anda. Kemudian baru berikan reward kepada diri anda sendiri, tujuan dalam memberikan reward disini adalah untuk menciptakan rasa candu (bagian dari sifat serakah manusia). Ingat semakin sering anda mendapatkan reward tentu semakin serakah pula anda bukan? Misalnya anda akan diberikan uang 1 juta setiap menyelesaikan satu pekerjaan saja, anda pastinya ingin menyelesaikan lebih banyak pekerjaan lagi bukan? Agar reward yang anda peroleh semakin besar! Hehehe ayo ngaku!! Itulah sifat serakah manusia.


 Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari
“Tidak peduli sebesar apapun pohon tersebut, tetaplah awalnya ia hanya sebutir benih"

-Pandi
Nah itulah tujuan dari pemberian reward, ketika anda sudah mampu membuat reward yang tepat, dan reward tersebut membuat anda berada pada kondisi emosional anda ( bersyukur, merasa hebat, merasa berhasil dll). Maka akan muncul kemudian suatu hasrat untuk melakukannya lagi dan lagi (rasa candu). Sifat serakah anda akan dominan kembali, diawalnya setiap kali anda membuka hp, anda akan membaca satu halaman buku,  maka hasrat untuk membaca buku lebih dari satu halaman akan muncul. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah tingkatkan pula itensitas kebiasaan yang ingin anda bentuk ( misalnya di awal membaca buku 1 halaman, push up 1 kali, dll, jadikan menjadi 3 halaman serta 5 kali pushup dan seterusnya).
BACA JUGA ARTIKEL -->> JENIUS DENGAN AUDIO TERAPI GELOMBANG OTAK
Jadi demikianlah Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 hari, jika anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, anda pasti akan mengawali rutinitas anda dengan perasaan candu, ingin melakukan lagi dan lagi sehingga secara tidak sadar dalam tempo 5 hari anda sudah mampu membiasakan diri dengan kebiasaan tersebut secara tanpa sadar. Semoga saja artikel Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari dapat bermanfaat bagi anda dan orang-orang terdekat disekitar anda. Jika anda mendapat manfaat dari artikel Tips Membentuk Kebiasaan Baru dalam 5 Hari pastikan juga untuk men-share artikel ini, agar semakin banyak pula tercipta kebiasaan-kebiasaan baik di lingkungan anda. Jika bukan sekarang kapan lagi?


 tonton juga tayanga menarik lainnya di official channel youtube simple mistery
Share on Google Plus

About Pandi Purnawan Cht

Seorang Penulis,founder of Simple Mistery,Copy Writer, Internet marketing,Trader, praktisi Mind of technology (Hypnosis, Hypnotherapy, NLP,Baca Kilat), Ghanta Yoga, dll. Memiiliki ketertarikan yang besar terhadap fenomena potensi manusia yang "TANPA BATAS"serta fenomena lainnya yang dianggap irasional yang masih terkubur dan diragukan kebenarannya semenjak manusia mulai mengandalkan otak kirinya. Semua itu ada dan nyata hanya saja kemampuan manusia saja yang terbatas untuk sampai ke arah sana. '"Tak ada yang tak mungkin, dan tak ada yang kebetulan di dunia ini, semua bekerja dengan daya tanpa batas!" -The Secreet-